Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024-2025 MTsN Gresik Ikuti Tes Intelligence Quotient (IQ)

MTsN Gresik – Setiap anak berhak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan potensi dirinya masing-masing. Beragam potensi yang dimiliki anak, dan tentunya potensi tersebut berbeda satu anak dengan anak lainnya. Demikian pula, kelebihan anak yang satu berbeda dengan kelebihan yang dimiliki oleh anak lainnya.

Melalui tes IQ ini maka nantinya Potensi anak yang melibatkan aspek-aspek seperti minat, bakat, keterampilan sosial, emosional, dan juga kemampuan kognitif akan terdeteksi.

Beberapa latar belakang diselenggarakannya tes IQ bagi calon peserta didik baru kelas 7, pertama untuk mengetahui tingkat kecerdasan dan kemampuan peserta didik, kedua untuk mengetahui bakat dan minat belajar, ketiga untuk mengetahui daya kemampuan serap peserta didik, dan keempat adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan IQ awal peserta didik sehingga memudahkan dalam pembuatan rancangan pembelajaran setiap Tahun Pelajaran.

Secara teknis, tes Intelligence Quotient (IQ) diikuti oleh 350 (tiga ratus lima puluh) – ada beberapa anak yang ikut susulan- dilaksanakan di ruang kelas dengan didampingi oleh Tim Psycho Plus Consulting and Assessment Centre dari Bina Psikologi Surabaya, sebagai Lembaga mitra dalam mensukseskan kegiatan Tes IQ di MTsN Gresik.

Menurut Abdul Aziz selaku Waka Kesiswaan, bahwa hasil dari penyelenggaraan tes Intelligence Quotient (IQ) pada akhirnya diharapkan dapat membantu untuk menemukan sekaligus mempersiapkan model pembelajaran serta menetapkan berbagai kebijakan jika terdapat peserta didik yang memiliki tingkat Intelligence dengan pencapaian rata-rata yang dapat diketahui saat awal masuk di madrasah.

Lebih lanjut, menurutnya “Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, Tes IQ ini juga bias dijadikan bahan penilaian Diagnostik (diagnostic assesmen) atau tes awal bagi peserta didik. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran di awal tahun pelajaran baru, guru akan lebih mudah mengetahui kemampuan, bakat dan minat peserta didik.” Terang Abdul Aziz.

Hal senada ditegaskan pula oleh Farida Hanum selaku Guru BK sekaligus Koordinator Tes IQ. Menurutnya tes yang diselenggarakan ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam mempersiapkan proses pembelajaran khususnya bagi peserta didik baru di MTsN Gresik.

“Kami menyadari, bahwa tes Intelligence Quotient (IQ) yang dilakukan oleh madrasah ini, bukanlah satu-satu cara yang dapat memberikan gambaran terkait mempersiapkan model pembelajaran bagi peserta didik, namun paling tidak hasil yang diperoleh dari tes IQ tersebut mampu memberikan gambaran untuk melangkah mempersiapkan sesuatu yang terbaik bagi peserta didik baru, khususnya di MTsN Gresik.” Tutupnya. (Humas)

about author

Husnul Abid

abid@mtsn-gresik.sch.id

Penulis konten berita untuk MTsN Gresik